Jumat, 04 Desember 2009

Suatu Sore di Intramuros, Manila-Philippine


gerbang fort of santiago

Senang rasanya kalau bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kota, apalagi negara, lain. Begitu banyak hal yang bisa dipelajari. Alhamdulillah kali ini yas mendapat kesempatan untuk mengunjungi Intramuros, salah satu obyek wisata sejarah di Manila, Philipina. Sebagai gambaran umum, melihat Intramuros sepintas saja akan mengingatkan kita pada Kota Lama, Semarang.

Selain bangunan-bangunan kuno, daya tarik Intramuros adalah museum Jose Rizal, pahlawan sekaligus founding father-nya Philipina. Di museum ini dipajang karya tertulis dan memorabilia Jose Rizal sejak dia kecil, hingga saat-saat menjelang kematiannya (dihukum mati oleh Spanyol). Bagi yas sendiri, membaca dan merenungi karya Jose Rizal sejatinya membawa yas meresapi rasa nasionalisme yang begitu tinggi, seperti yang dimiliki oleh pahlawan-pahlawan Indonesia juga. Sekedar mengingatkan diri sendiri, bahwa nasionalisme butuh lebih dari sekedar kata-kata atau konsep belaka, nasionalisme butuh banyak pengorbanan, dan salah satunya adalah nyawa.

7 komentar:

fakhrizal setiawan mengatakan...

ini yas yg moto?mantab

heidi martosudirjo mengatakan...

i did the photograph, and the EDITING as well, hehehe...gak gitu lihai mengedit bun, asal klak klik di Photoscape ajah :)

fakhrizal setiawan mengatakan...

kirain ga diedit...langsung apload...tp dah mantab komponya....

heidi martosudirjo mengatakan...

hehehe, terimakasiiiiiihh...gak diedit banyak2 kok, ada yg cuman dikrop, resize, sama naekin brightness-nya doang. motret pake kamdig poket emang kudu rada diakalin kayaknya...

ujangfahmee sang bekpeker kere mengatakan...

akhirnya ixus itu mulai 'berguna'... :p

Cahyo Martosudirjo mengatakan...

Foto-fotonya mantap, Yas... ayoh, mumpung sering jalan-jalan, perbanyak foto-foto. Ditunggu cerita dan gambar berikutnya :-)

heidi martosudirjo mengatakan...

bweheheheheh...ada 'suhu' photoscape nih, jadi malu...btw software-nya asik mas, gak ribet kayak photoshop *dan GRATIS pula*. tapi yas gak nemu fitur 'add watermark' secara otomatis ke semua foto sekaligus seperti di Picasa. sebenernya ada gak di fitur itu di photoscape??