Jumat, 31 Desember 2010

just a simple wish


duduk. ngobrol. ngopi. berdua aja.

*sigh*

gambar dari sini

Selasa, 21 Desember 2010

after three days...


finally we'll meet again.


can't wait... :)

Senin, 20 Desember 2010

bosan

sejujurnya, buat saya kata 'bosan' terkesan cukup mengerikan. betapa tidak, sekali saya merasa bosan, saya akan menjelma jadi makhluk berwujud sekaligus bertemperamen tidak jelas. eh kok perasaan berlebihan aja sih saya bikin deskripsinya?? yah, kalau mau contoh nyata, itulah salah satu contoh efek yang terjadi kala saya sedang bosan *lebaybaybay*.

dan sekarang, yang semestinya adalah jam tidur saya, saya malah belom tidur. ngapain? hmmm, lagi download video. video apa?? yahh, gak jauh-jauh dari video dengan kata kunci "ocean" atau semacamnya laah. kalo lagi dapet koneksi internet gratis kayak gini, seringnya saya manfaatkan untuk download macem-macem, dari mulai buku, piranti lunak gratisan, lagu-lagu (yg ini jelas bajakan), dan video. dan malam ini saya lagi nungguin download video dari ted dot kom, salah satu situs favorit yang isinya adalah kumpulan video orang-orang yang jago bacot *idihdihdihh, kasar beud*. tapi memang iya sih, saya sering dibuat kagum dengan kemampuan mereka menyajikan suatu topik, baik dari segi alat bantu (slide presentasi atau video), samapi dengan intonasi dan ekspresi. sebenernya belom lama juga sih saya kenal situs ini, baru sekitar satu tahun. gara-garanya, waktu itu saya sedang mencari video untuk referensi makalah saya tentang gurita. dan voilaaaaaaa, saya menemukan satu video dari David Gallo, tentang betapa menakjubkannya tingkah laku gurita yang suka ganti-ganti warna dan pola tubuh itu. kalo situ ikutan penasaran, klik sini deh. enaknya sih kalo dapet koneksi internet bagus biar gak nontonnya gak keputus-putus.

nah, berhubung lima megabyte lagi proses downloadnya beres, saya pamit tidur yak. besok masih ada acara lagi. saya lagi di jakarta sekarang, bantuin tempat kerja saya dulu yang sedang kerepotan karena gak ada orang buat disuruh-suruh ngemsi di depan menteri. besok saya masih harus tampil (sok) keren lagi dan pasang senyum ramah tiada tara di belakang mikropon. meskipun disela tugas ngemsi, saya masih sempet cetingan dan browsing kesana kemari.

oalah!! saya baru inget, saya ninggalin kabel adaptor leptop di ruang sekretariat!!! sisa 10% lagi batre leptop saya...

yudadahyubabay...

Jumat, 12 November 2010

abu oh abu...

ada seorang kawan saya yang mau berangkat ke jogja (lagi) hari ahad besok, ceritanya sih dia jadi relawan. nah kalo saya pengen nitip bawain abu merapi untuk penelitian saya, boleh gak yah?? bolehin aja doooooong... *berharapdenganmataberkacakaca*

Minggu, 17 Oktober 2010

student blog yang mengalihkan dunia

awalnya iseng buka web kampus. saya akui saya jaraaaaaaaaaaaaaaaanngg banget buka-buka web kampus kecuali kalau ada yang memberitahu ada info penting yang harus segera diakses. padahal ya, niat saya malam ini mau BELAJAR. lebih tepatnya, menyelesaikan tugas saya mengenai Radiolaria. bayangin, persiapan saya udah cukup mateng malam ini, sebelum duduk dan membuka laptop, saya sudah lebih dulu sholat isya dan makan malam *ya emang udah waktunya juga kaliiii...* pokoknya cita-cita saya malam ini cuma satu: sudah ada rancangan kasar dari bahan presentasi tugas saya.

dan kemudian datanglah godaan kejam itu....

setelah sedikit surprais dengan tampilan baru situs IPB *padahal mungkin udah lama juga, saya-nya aja yang gak apdet*, saya mengarahkan kursor tetikus ke tab 'Education' karena ada info mengenai pascasarjana yang ingin saya cari. saat tiba di laman 'Education', lha kok mendadak ujung mata saya menangkap tulisan di bilah kiri kanan laman tersebut, perhatikan deh gambar di bawah:


wahwaaaaaaaaahhhhh, kok saya baru tau ya ada fasilitas blogging di situs resmi IPB??? bener-bener saya ketinggalan zaman *cuih bahasanyaaa...*. perasaan 'ketinggalan zaman' tersebut makin diperparah ketika saya lihat sudah ada beberapa orang yang nge-blog menggunakan fasilitas Student Blog. selama ini saya di kampus ngapain aja ya? ckckckkk....

walhasil, cita-cita mulia saya terhempas luluh lantak*mulai eneg*. boro-boro saya buka dokumen tugas, yang ada malah saya sibuk mendaftar sekaligus mengotak-atik desain dan isi student blog saya, ffiuuuuhhh... rusak deh, rusaaaaaaaaaaakkk.... padahal untuk membangun cita-cita tersebut perlu tekad dan usaha yang keras. apalagi dengan kondisi sekarang, saya jarang banget bisa betah melek hingga larut. biasanya saya mulai 'teler' antara jam 8 - 9 malam atau setelah makan malam, otomatis sulit bagi saya untuk bekerja dan menggunakan otak saya untuk hal-hal berat di malam hari *curhat gak jelas*. yang lebih parah lagi, kok saya malah jadi sempet-sempetnya posting di blog ini ya????!! *tepokjidat*

ah sutralah, itung-itung saya latihan nulis tesis *halaaaaaaahhh*. kalau ada yang mau nengok-nengok student blog saya, monggo akses ke sini. baru ada satu tulisan karena saya juga bingung mau diisi sama tulisan kayak gimana. rasanya kok susah ya merangkai kata-kata serius dan 'berat', apalagi temanya juga 'berat'. maunya saya, blog itu saya gunakan untuk mengunggah tulisan yang erat kaitannya dengan materi kuliah, kehidupan seputar kampus, pengetahuan umum, dan sebagainya, yang jelas BUKAN curhat-curhat pribadi deh, hehehehe... komentar bocah ini, student blog saya itu jelek. gak ngerti deh jelek apanya. emang dasar semprul kok dia, selalu nyari-nyari celah untuk mengolok-olok saya tapi sayangnya sering gagal :p.

ngomong-ngomong, saya lagi nunggu pesanan martabak telor, sekaligus nunggu yang nganternya juga tentu *suami merangkap kurir martabak*. selamat malam semuanya, selamat makan martabak! :)

Jumat, 15 Oktober 2010

finding the rads #1

masih njelimet soal presentasi Radiolaria >.<

eniwei, bentuk cangkangnya bagus ya? warna-warni kayak permen. ini cangkangnya doang lho, organisme-nya sih udah mati. tapi kayaknya sih ini bukan warna asli organisme, melainkan emang dikasih warna aja biar keliatan jelas saat diintip lewat mikroskop.

ngomongin detail Radiolaria-nya nanti aja, saya malah lagi kepengen berbagi satu situs keren yang isinya gambar-gambar mikroskopik, yaitu Dennis Kunkel Microscopy, Inc. jadi berandai-andai punya mikroskop secanggih itu, harganya berapa yaaaaaa??


Senin, 11 Oktober 2010

penyakit males

males ini, males itu... jangankan ngerjain tugas, ngebayangin ngerjain tugasnya aja udah males *akut*. kenapa yaaaaaa??

cuaca yang panas bikin tambah males lagi. sejak hari minggu kemaren rasanya terik gak abis-abis. masih tersisa sampe hari ini. bahkan pulang pun saya jadi males gara-gara udara super puanasss. ternyata pohon-pohon di kampus jumlahnya masih sangat kurang untuk menangkal panas beberapa hari terakhir ini.

sudah jam empat. hari ini mamang ojek pulang jam brapa yah?? kangen... semoga urusan sumurbor-nya lancar jaya, biar itu rumah segera dialiri air dan bisa diisi dengan kehidupan. udah gak sabar pengen tinggal di rumah sendiri. rumah mungil a la kotak korek api :p

pulang ah...

Kamis, 07 Oktober 2010

aku ingin kembali

gatel-gatel gak sih ngebaca judulnya??? saya aja berasa pengen nabok manusia berwajah bulat yang lagi duduk di depan saya sambil megangin kepalanya, hehehe...

but it's true. saya pengen ngeblog lagiiiiiiiiii... ah sungguh rindu rasanya menumpahkan isi kepala kedalam tulisan, yang meskipun kalau ditinjau dari segi EYD dan kepatutan berbahasa, saya yakin blog saya ini gak bisa jadi rujukan bagi murid-murid SD sampe SMA yang mau belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar. tap tak apa-apa laaah, malah saya berharap suatu saat saya bisa menuliskan semua tugas makalah kuliah saya dengan bahasa amburadul-tapi-mudah-dimengerti ini *catatan: mudah dimengerti oleh SAYA sendiri*

awalnya gara-gara berkunjung ke blog ini, yang ternyata sang penulis adalah karib saya dari kampung halaman. makasih banyak diiiiiiiiiiiiiiiittt, sangat-sangat menginspirasi saya yang lagi mentok kemana-mana inih. mentok gara-garanya saya gak kunjung paham kapan pertama kali fitoplankton hadir di muka bumi dan bagaimana dia berevolusi. ohyeah, itu adalah topik presentasi matakuliah bioevolusi fauna laut, dan saya kebagian membahas bioevolusi fitoplankton. lepas dari apakah saya percaya evolusi atau gak *yang mana jawabannya adalah ENGGAK*, saya tetap harus mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. paling nggak menggunakan kemampuan verbal saya dalam hal ngoceh *thanks to tai lalat di bibir atas* sehingga bisa meyakinkan khalayak akan hasil perenungan saya.

nah, untuk sekedar 'merekam' tentang apa yang saya dapat, akan saya usahakan untuk menuliskan hasilnya disini, di blog ini. tentu sajaaaaaaaaa, dengan bahasa saya sendiri. karena jelas-jelas saya gak menguasai bahasa urdu, swahili, ataupun sekedar sunda karuhun. nah, udah dulu yah, suami saya udah meluncur dari rumah dan segera tiba di warung makan. berhubung hari ini saya di perpus sampe sore, jadi gak masak deeeeeehhh :p

see you on the next posting! :D

Sabtu, 13 Maret 2010

My Power Element is Wood

[quiz result from blogthings]

Your power colors: green and brown

Your energy: generative

Your season: spring

Like a tree, you are always growing and changing.
And while your life is dynamic, you are firmly grounded.
You have high morals and great confidence in yourself and others.
You have a wide set of interests, and you make for interesting company.


*picture taken from here

Senin, 08 Maret 2010

mengawali hari dengan kelegaan...dan sedikit kebodohan

terimakasih untuk dia yang sepertinya harus sedikit bersusah payah untuk bisa membangunkan saya pukul tiga pagi tadi...juga mama, dengan pesan singkatnya yang rutin datang setiap hari minggu dan senin shubuh: mengingatkan saya untuk menyimak acara kajian di TPI *aseli kajian lho ya, bukan sinetron silat-silatan*

lega karena enam rakaat bisa saya genapi sebelum shubuh menjelang...

lega karena bisa mendengar suara adzan dalam keadaan sadar sesadar-sadarnya...

lega karena sukses melewati masa-masa kritis ba'da shubuh, dan tidak tergoda untuk kembali tidur...*malah kelihatannya dia yang kembali tidur, di-sms gak dibales-bales*

lega karena 'kewajiban alamiah' sudah tertunaikan ba'da sholat shubuh tadi, hehehe...


dan kebodohan saya mudah-mudahan tidak merusak suasana pagi yang hangat ini. tadi, tanpa sadar saya meninggalkan komentar di blog seorang kawan *senior angkatan, tepatnya*, dengan menggunakan identitas blog pribadi yang semestinya dirahasiakan *bukan blog ini tentu*. haduooooohhh...tepok-tepok jidat deh saya, panik abis! terbayang jika si senior meng-klik tautan blog itu dan dia membaca semua isinya. fyuuuuuhhh...
sesegera mungkin saya mencari cara untuk membuat proteksi blog tersebut. emang dasar ya, giliran kepepet suka mendadak cerdas! tanpa banyak waktu saya berhasil membuat blog itu tidak bisa diakses kecuali oleh saya *dan dia* yang mengetahui kata kuncinya. hamdalah yaa Rabb...
suatu saat nanti, mungkin saja blog itu akan kami publikasikan. tentunya dengan menyeleksi konten mana yang layak tampil. ah, maafkan kebodohan saya yah.... :)

semoga hari ini menyenangkan bagi Anda semua. selamat hari senin!

Minggu, 24 Januari 2010

damba cinta

pagi ku ingat, petang ku alpa, begitulah silih berganti...

selangkahku kepada-Mu, seribu langkah Kau padaku...

(Damba Cinta-Mu, MIXTA)




*berniat untuk sempurna menghapal Juz 30 sebelum melangkah ke pelaminan, menyiapkan madrasah pertama untuk keluarga kelak...*

Jumat, 22 Januari 2010

impian sederhana

tanpa saya sadari, berbincang dengan kawan bisa membangkitkan mimpi yang, tanpa sadar pula, terkubur perlahan seiring dengan berjalannya waktu, berputarnya roda hidup, dan berubah-ubahnya arah kemudi hidup saya. setiap orang punya mimpi, begitu pula saya. kadang terbit malu dalam hati saya saat harus berbagi mimpi dengan orang lain, karena otak reptil saya berkata bahwa saya bermimpi terlalu hebat, jatuh-jatuhnya malah jadi berkhayal. ya, kadang saya sendiri belum bisa dengan babar blas menjelaskan apa perbedaan mimpi dan khayalan...

tapi sore ini saya ingat lagi mimpi 'kecil' itu, beberapa saat setelah bertukar cerita dengan seorang kawan yang sedang merintis bisnis di kota hujan ini.

ternyata baru saya sadari, mimpi itu perlahan memudar, terganti dengan cita-cita besar saya menjadi seorang ilmuwan oseanografi biologi.

mimpi tentang sebuah kedai kopi mungil di tepi jalan.


kecil saja, dengan kanopi di atas pintu, teras yang memuat empat meja bundar dan tiga kursi di setiap mejanya, bebungaan rimbun di pagar rendah di depan kedai, dan lonceng mungil yang berbunyi "ting-tong" setiap ada tamu masuk.

hanya ada menu kopi, pastry, dan buku. beberapa rak penuh buku koleksi pribadi sang pemilik (dalam ini tentunya saya) tidak hanya menjadi dekorasi, tapi juga referensi, bahan diskusi sekaligus kontemplasi para pelanggan.

dan musik jazz lembut.

saya tidak berbakat menjadi barista, tapi saya yakin suatu saat saya bisa mempekerjakan satu atau dua orang barista di kedai kopi saya itu. jika satu, maka dia harus perempuan, atau jika dua orang, maka mereka adalah pasangan suami istri.

saya tidak tahu persis kapan mimpi saya ini bisa terwujud. bagi saya, kedai kopi yang ada dalam mimpi itu bukanlah sebuah tempat dimana saya menggantungkan kebutuhan finansial hidup. kedai kopi itu hanyalah sebuah rangkuman dari semua jejak yang pernah saya ukir, kerja keras yang telah saya upayakan, dan pencapaian demi pencapaian yang berhasil saya raih. karenanya, saya hanya bisa tahu bahwa jika kelak kedai kopi itu terwujud, maka berarti saat itulah saya mulai merasa cukup dengan apa yang saya peroleh. saat dimana saya bisa melihat bunga dan buah dari apa yang saya tanam. atau saya lebih suka menyingkatnya dengan saat dimana saya hanya tinggal menikmati.

saya tiba-tiba tersadar, TUHAN telah memberikan begitu banyak kelapangan bagi saya untuk tidak takut bermimpi...dan terus punya mimpi...



*gambar diambil tanpa permisi dari sini

**sekian juta terimakasih untuk welly, we do like coffee so much, don't we? one time i'd very pleased to invite you to my (our) own little coffee shop :)

Kamis, 07 Januari 2010

merindu

merindu untuk menulisi lagi halaman di blog ini...

hmmm, sayang sudah tiba saatnya untuk mandi, nanti saja yaaaaaaa.. :)

eniwei, selamat menikmati widget baru saya, kolaborasi foto-foto dari album facebook menggunakan cooliris.


*widget plurk-nya dihapus aja apa ya? karma-nya udah mentok gituh...*