Sabtu, 31 Maret 2012

mission accomplished!

saya rasa gak ada hal yang lebih membahagiakan dari sebuah penantian, saat apa yang kita nantikan tersebut akhirnya terwujud. termasuk penantian untuk bertemu seseorang setelah lama terpisah jarak. ihiyyy, romantis gak sih bahasanyaaa, hehehee…

misi saya sederhana: menemui seseorang yang sekian tahun menuntut ilmu di negeri tetangga, dan tanpa sepengetahuan saya ternyata sudah kembali ke tanah air sejak beberapa bulan yang lalu. lha memang sesulit apa sih memangnya sekedar bertemu dengan beliau?? sebenarnya tidak sulit. tidak sama sekali. saya menyimpan nomor ponsel beliau sejak pertama saya tahu beliau sudah kembali. mungkin sekitar dua atau tiga bulan yang lalu. tapi bagi saya, menghubungi beliau lewat ponsel itu GAK SERU. saya pikir, memang sesulit apa sih mencari seseorang di kampus fakultas yang cuman seuplek ini? lagipula saya berniat memberi kejutan kecil untuk beliau, tiba-tiba saya nongol di depan matanya tanpa pemberitahuan sebelumnya. iya, saya gak lupa berdoa kok semoga beliau gak kena serangan jantung. dan ya, saya juga berdoa supaya beliau MASIH INGAT siapa saya.

dan hari ini misi saya tuntas sudah. tepat sesuai dengan apa yang saya inginkan :)

terimakasih masih menyimpan saya dalam ingatan;

terimakasih atas kesempatan untuk berbincang sejenak di sela pekerjaan;

terimakasih atas pertanyaan tentang hal-hal detil, karena dari situlah hulu sebuah perhatian;

juga terimakasih atas dorongan semangat serta nasihat yang selalu terselip diantara percakapan. satu hal yang tak pernah berubah dari dulu hingga sekarang.

sejak siang itu saya tahu, akan ada satu orang lagi yang bisa menguatkan saya untuk terus bertahan dan mendedikasikan diri di tempat ini. di kampus kita tercinta.

 

ditulis saat sidang DPR soal kenaikan harga BBM baru saja usai. semoga enam bulan ke depan tidak ada kenaikan harga minyak internasional lebih dari 15 persen.

ditujukan kepada seorang dosen yang saat ini tengah mengemban amanah sebagai wakil dekan fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB.

Kamis, 22 Maret 2012

4 days to go….

rencananya ini mau di-print gede-gede trus dipajang di dinding rumah *semacam norak ya? hihi*

kolase

secara fisik memang bocah ini cenderung langsing. liat aja, semasa ASI ekslusif pipinya gembil unyu-unyu, begitu mulai makan dan bergerak kesana-kemari, mulai deh rada tirus (meskipun rambutnya nambah cukup banyak, hahah). ah sudahlah, daripada pusing banding-bandingin sama anak orang, yang penting sehat ya, sayaaaaang…

peloek-hangat-ketjoep-mesra dari bunda dan baba :*

Sabtu, 03 Maret 2012

my name is…err…bambang???

IMG-20120302-00144
suatu saat nanti begitu Alanna beranjak dewasa dan melihat foto ini, dia pasti bakal nanya ke bunda baba-nya, “BAMBANG ITU SIAPA, BUN, BA”?? dan bunda pun akan menjawab dengan bijak,
BAMBANG itu LEGENDA NEGERI KITA, nak.
kemudian berceritalah sang baba mengenai PSSI, meskipun yang diceritakan lebih banyak soal carutmarutnya dibanding prestasinya.
*sigh*

Kamis, 01 Maret 2012

alanna versus batpil

sebenernya saya lagi pengen banget nulis tentang seminar series ISOI tadi siang, tapi berhubung yang muter di kepala saya justru hal-hal tentang alanna, postingan berikut adalah cerita tentang gimana kami akhirnya bisa berdamai dengan penyakit batuk pilek (batpil), TANPA OBAT. :)

saya masih inget banget kapan hidung alanna mulai meler-meler.

Photo0115

foto di atas diambil hari selasa, 7 februari 2012. ceritanya sore itu ada anak tetangga yang main ke rumah, kita biasa manggil dia ‘kakak lala’. nah, kakak lala waktu itu sedang pilek lumayan heboh, terus menerus sentrap sentrup (apa ya bahasa EYD-nya? yang jelas itu istilah buat orang yang lagi pilek dan nyedot ingus gak brenti-brenti). berhubung saya tipikal orang yang suka gak enakan, saya ngebiarin aja alanna (yang pada saat itu sehat wal afiat) maen sama kakak lala. bahkan pada kondisi sedang pilek parah begitu, saya juga diem aja waktu kakak lala ciumin alanna. hadehhh, bener-bener lemah banget deh saya. abisan saya gak tega ngelarang-larang anak orang, apalagi kan anaknya juga masih kecil :(

dan DOENGG…DOEENGGG… tepat sehari setelahnya, alanna LANGSUNG ketularan flu! ampun deh viruuuuuusss, cepet bener nularnya! oke, saya pikir toh sebelumnya alanna udah pernah pilek dan gak butuh waktu lama untuk sembuh. saya pun berusaha gak panik dan tetep beraktivitas seperti biasa.

ternyata saya keliru. alanna lalu demam. dilanjut dengan batuk-batuk. dan yang lebih parah, alanna MOGOK MAKAN! ini yang saya gak siap karena saat periode batuk pilek sebelumnya selera makan alanna sama sekali gak terganggu meski dia sedang pilek. duh, sedih plus bingung banget rasanya. mau dipaksa kasian, tapi kalo dia gak makan berarti bakal makin lama sembuhnya karena kurang asupan nutrisi. iya sih alanna masih ASI, tapi sebagai bayi yang udah mulai rutin makan menu lengkap, saya khawatir karena gak pede dengan nutrisi yang masuk ke tubuhnya kalo hanya dari ASI. pernah sekali saya frustrasi dan maksa masukin makanan ke mulutnya. jelas aja alanna nangis! dan saya pun dapet ‘hadiah’ berupa pelototan dari baba-nya alanna. makin sediiiiiih rasanya T_T

Photo0119

seminggu berlalu. meler dan batuknya mulai berkurang, tapi masih keukeuh gak mau makan. well, sebenernya sih bukan bener-bener gak makan karena masih ada aja yang bisa masuk ke mulutnya (selain ASI tentu). and know what is it?? TELOR PUYUH! bener-bener deh, sejak mulai sakit itu selera makannya jadi monoton banget. pagi-siang-sore kudu-harus-mesti ada TELOR PUYUH. minimal tiga butir telor dia makan tiap hari. kadang bisa berlipat dua karena dia gak selera makan nasi. baru 2-3 suap nasi langsung blep, mingkem abis. tapi giliran disodorin telor, langsung mangap lagi! ebuset dah ni bocah, kok ya tau aja gitu bedanya bentuk NASI sama TELOR *geleng-geleng*. tapi meski masih ada nasi dan telor yang masuk, alanna makannya lama karena diemut. duh, aktivitas makan rasanya jadi horor deh buat saya. gak bermaksud lebay, tapi emang beneran saya jadi males membayangkan proses makan yang ngabisin waktu sejam lebih, padahal yang dimakan gak lebih dari sesendok teh doang!

sleepy baby

dua minggu berlalu. gak ada perubahan signifikan. saya udah di fase pasrah seeeeee…pasrah-pasrahnya. saya dan babanya alanna masih ngotot gak mau ngasi obat apapun dan keukeuh pake home treatment. menurut para ahli, batuk pilek itu kan penyebabnya virus, dan penyakit akibat virus gak ada obatnya selain daya tahan tubuh. jadi meskipun butuh waktu lama, batuk pilek bakal sembuh dengan sendirinya seiring dengan daya tahan tubuh yang meningkat. nah, berbekal ilmu dapet ngintip di milis asiforbaby, saya nyabar-nyabarin diri untuk merawat alanna dengan perawatan standar home treatment untuk batuk pilek: jemur di bawah matahari pagi (biar dahak dan ingus encer), oles transpulmin BB (supaya dada dan punggung nyaman), menguapi kamar tidur dengan air panas yang ditetesi minyak kayu putih (mencegah hidung tersumbat saat tidur), kompres air hangat saat demam (sembari mantau suhunya pake termometer), dan menyusui sesering mungkin (ditambah air putih dan jus buah). sempat terpikir untuk terapi nebulizer saking putus asanya saya sama dahak alanna yang gak kunjung hilang. biayanya sih gak terlalu mahal, tapi setelah saya cari info sana-sini, nebulizer itu ternyata terapi untuk yang punya asma (karena pake obat yang namanya ventolin). akhirnya rencana terapi nebulizer batal, apalagi mengingat alanna batuknya gak mengi-mengi, napas juga gak sesak. yahh, cuman bisa berharap setiap kali dia muntah, dahaknya ikut keluar bareng muntahannya. kayaknya baru kali ini deh saya ngarep-ngarep alanna muntah, meskipun sebenernya maleeeessss banget kalo alanna muntah di kasur pas kita lagi enak-enak tidur. siapa yang gak males ngepel dan ngeganti seprei saat mata lagi sepet??? lagi-lagi hanya bisa sabaaaaarrrrr…

Photo0139

daaaaaaaaaaaannnnn…penantian pun BERAKHIR!!! terhitung sejak sore kemarin (rabu, 29 februari), alanna mulai menunjukkan gelagat doyan makan lagi. kemarin pagi saya perhatiin alanna sarapan dengan porsi yang agak lebih banyak dibanding tiga minggu yang lalu. begitu pula saat makan siang. saya coba-coba gak ngasih dia telor puyuh dan saya ganti pake ati ayam rebus plus kuah sayur bayam. sebenernya sih tetangga saya yang nyuapin alanna karena saya lagi pergi sebentar. eh ternyata mau dan habis lumayan banyak! dan tengterengtengteeeeeeeeeeenggg…sore harinya alanna makan lahap hap hap hap. mangapnya pun kembali lebar seperti sedia kala! HURRAAAAAAYYYYY!!! alhamdulillaah ya robbiii…

siang tadi saya seharian di kampus dan pulangnya dapet laporan bahwa alanna makan dengan porsi normal seperti sebelum sakit. ditambah pas makan sore, sama sekali gak ada masalah. alanna makan banyak, lahap, dan anteng main sendiri (gak pake gendong dan jalan-jalan apalagi kejar-kejaran). fyuuuuhhhh… SUBHANALLAAH deh pokoknya! emang yaaa, kalo udah ibu-ibu beginih, perkara makan anak tuh bisa bikin dunia jungkir balik, LEBIH jungkir balik daripada keabisan duit belanja dan proposal tesis diobrak-abrik dosen *curcooooooooolll*. buat saya hal ini melegakan banget, secara batuk pilek alanna udah berlangsung selama tiga minggu, dan hari rabu depan kita bakal berangkat ke jawa timur selama seminggu. duh Gusti Allah, makasih yaaaaa… semoga alanna (juga bunda-babanya) tetep sehat, terutama selama travelling nanti. sekedar info, minggu depan kami (saya, alanna, babanya alanna, eyang kakung dan eyang ti-nya alanna) bakal travelling ke timur jawa selama sepekan. terbang ke surabaya, lanjut ke gresik (ke rumah onti-nya alanna), besoknya ke malang (secret zoo!! we’re about to come!!) trus langsung bablas kediri (rumah uyut-nya alanna). besokannya lagi naek kereta api ke jogja (ke rumah eyang peng dan eyang nti), ngabisin waktu seharian di jogja dan pulang ke jakarta/bogor hari senin 12 maret. ini pertama kalinya alanna naik pesawat dan pergi jauh untuk waktu yang cukup lama.doakan semua lancar yaaaaa!! oleh-oleh ceritanya insya Allah menyusul (kalo gak males, hehehe).

sekali lagi makasih BANGET ya Allah…

Photo0132

makasih juga [asiforbaby] atas dukungan tidak langsung-nya dalam menerapkan RUM (rational use of medicine) di rumah kamiiiii… bravo home treatment!! :)