Sabtu, 09 Juni 2012

egg-less bread: yum!


percobaan pertama pasca ikutan demo singkat minggu lalu di acara kopdar HHBF: ROTI TANPA TELUR. dan hasilnyaaaa, 


AL-HAM-DUUU....LILAAAAH *sambil joget-joget*

egg-less bread, with chocolate and cheese filling


awalnya sempet ragu mau nyoba karena cuman punya terigu protein sedang (segitiga biru). tapi setelah baca-baca tips seputar bikin roti, ternyata terigu protein sedang juga masih bisa menghasilkan roti yang bagus kok, asalkan proses nguleninya gak se-powerful pada saat nguleni adonan dengan terigu protein tinggi. resepnya??? aseli nyontek abis dari resep yang didemo-in pas kopdar, nih dah saya salin lagi:

bahan:
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi (saya pakenya protein sedang)
  • 2-3 sdm gula pasir 
  • 1 sdt ragi instan (saya pakai merk Fermipan, ada logo halal jadi aman)
  • 1 sdm susu bubuk (saya pakai Dancow)
  • 200 ml air dingin (gak dipake semua, sampe adonan dirasa cukup kalis aja)
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm butter


cara membuat:
  1. campur terigu, gula, ragi dan susu bubuk dalam wadah, tuang air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai setengah kalis, tambahkan garam dan butter lalu lanjutkan menguleni adonan sampai kalis, yaitu adonan gak nempel di tangan (garam ditambahin belakangan karena kalo kecampur ragi, raginya nanti gak bekerja alias jadi gak ngembang rotinya). supaya cepet kalis, adonannya diuleni sambil dibanting-banting yak.
  2. setelah kalis, diamkan adonan dalam wadah selama 30 menit sambil ditutupi serbet yang diperciki air supaya adonannya gak kering. proses ini namanya proofing. bagusnya dilakukan saat cuaca panas dan lembab supaya makin cepet ngembangnya (katanyaaaaaa, maklum amatiran, nurut aja deh apa kata expert :D)
  3. panaskan oven. bagi adonan jadi bulatan kecil-kecil lalu isi dengan bahan isian (saya pakai coklat meises dan keju parut), diamkan lagi 10 menit sebelum masuk ke oven.
  4. panggang di oven dengan suhu 190 dercel selama 15 menit. supaya permukaannya kecoklatan, oles dengan susu cair (saya pakai susu sisa bikin adonan). begitu matang, keluarkan dari oven dan poles dengan butter supaya mengkilap.
overall, bikin roti ternyata gak seribet yang saya bayangkan. cuman emang nguleninya itu suka deg-degan khawatir gak kalis-kalis, secara saya orangnya rada gak sabaran. hasil yang saya bikin hari ini sebenernya rada gosong, gara-gara ditinggal mandi, hehehehe. aturan manggang 15 menit jadi molor 20 apa 25 menit gitu deh. emang sih manggangnya pake oven listrik, tapi karena saya sempet gak pede rotinya bakal mateng dalam 15 menit, saya puter dikit deh timer-nya. maksud saya sih kalo emang 15 menit udah mateng, langsung keluarin aja dari oven. eh ini malah pake acara ditinggal mandi segala. 

hal yang bikin seru sekaligus capek justru bagian BEBERES-nya. know what? meises dan keju yang saya siapin buat bahan isi diacak-acak sama Alanna! kejunya dicemilin sambil jalan-jalan, walhasil keju berceceran di lantai. meisesnya ditumpahin dari toples trus diawur-awur (apa ya bahasa indonesia baku untuk diawur-awur?? pokoknya semacam ditebar-tebar gitu deh). SUPER BERANTAKAN! akhirnya saya terpaksa nyapu dan ngepel lantai rumah setelah beres bikin roti. ampoooooooooooonnn!!! -___-

percobaan berikutnya saya mau bikin yang pake telur aaaah. hipotesa sih yang pake telur tekstur rotinya bakal lebih lembut dibanding tanpa telur. MARKICOB! mari kita cobaaaaaaaaaa :D

cheers!

2 komentar:

Mariana Sumarna mengatakan...

ntar nyoba yang pake teyoyny undang ncing y bund..biar cici Al saya temenin nyemilin keju and ngawurin meisesnya :)

::heidi:: mengatakan...

boyeh boyeeeehhh, temenin nyapu sama ngepel juga dong ncing, soalnya kmaren cici Al bantuin bundanyah nyapu dan ngepel lhoooo :))