Minggu, 10 Agustus 2014

reading books and found myself once again

 

kayaknya sih ya, sejak menikah dan punya anak, hubungan saya dan buku menjadi lebih renggang dibanding sebelumnya. bukan berarti ga baca sama sekali, hanya pada saat itu saya lebih banyak cari sumber bacaan dari internet, utamanya seputar kehamilan, menyusui, nutrisi anak, juga menu makanan untuk bayi. saking seringnya baca artikel online, saya jadi nyaris ga nyentuh buku, kecuali buku-buku akademik yang waktu itu terpaksa dibaca demi referensi tesis saya.

nah, sekitar sebulan yang lalu, saat lagi hangout sama si Brain di Kokas dan nyempetin mampir ke toko buku, baru saya sadar kalo udah lama banget saya ga pegang buku dan baca buku dengan khusyu’ hingga larut ke dalam bacaan di buku itu. padahal dulu pas masih kecil, ibu saya bilang bahwa saya tergolong kutu buku yang kalo lagi baca buku bakalan susah dialihkan ke hal lain. dipikir-pikir, kangen juga lho jadi kutu buku. sejak booming ponsel pintar, saya jadi jarang bawa buku kemana-mana. abisnya tiap ada luang dikit yang kepikir cuman maenin hape dan ngecek medsos ini itu. boro-boro deh kepikiran baca buku :(

mungkin karena sekarang ini saya udah mulai bosen dengan medsos, jadinya inget lagi sama buku. pas di Kokas itu, saya beli tiga novel alih bahasa dari penulis yang udah saya kenal namanya. sebenernya sih pengen beli yang versi bahasa asli, tapi ternyata ga ada disitu. buku yang saya beli judulnya A Painted House (Rumah Bercat Putih – John Grisham), The Ghost Writer (Sang Penulis Bayangan – Robert Harris), dan Next (Michael Crichton). buku yang pertama jadul abis, settingnya sekitar tahun 1950-an, sedangkan dua buku lainnya lumayan lah, settiing-nya tahun 2000-an (meskipun sebenernya masuk kategori lawas juga, hehehe). ketiga buku itu saya baca secara intensif saat bulan Ramadhan kemarin, bikin kacau agenda tilawah deh pokoknya >.< tapi sejak melahap buku-buku itu, sekarang saya mulai menikmati lagi asyiknya membaca! rada-rada terharu ga jelas gitu lah, rasanya kayak nemuin satu hal yang lama kita tinggalkan padahal kita pernah suka banget melakukannya. yes I found it was amazing!

begitu ketiga buku itu tuntas dibaca, saya jadi bingung nyari bahan bacaan lain. ngubek-ngubek rak buku, akhirnya nemu satu buku yang saya beli udah lama banget tapi belum pernah dibaca sama sekali! sampe-sampe saya mikir, ngapain ya dulu saya beli buku ini? hehe. judulnya Timor-Timur: Satu Menit Terakhir karya Rien Kuntari, wartawati Kompas. ndilalah bukunya bagus! isinya tentang liputan mbak Rien selama di Timtim pada masa referendum tahun 1999. kadang jadi kayak baca buku thriller karena ada beberapa bagian yang bikin merinding bacanya. ngeri abis! saya baru baca setengahnya dan rasanya nagih untuk melanjutkan halaman demi halaman. kalo pas lagi seru, Alanna jadi saya cuekin sampe dia protes-protes, hehehe. nantilah kalo saya lagi mood, bakal saya bikin postingan khusus tentang isi bukunya berikut hal-hal yang saya pikirkan selama baca buku ini. yang pasti, membaca memoar ini membuat saya banyak merenung, bahwa sejarah negeri ini tuh rumit banget jalinan ceritanya. kutipan yang paling nempel di benak saya adalah, “dalam sejarah tidak ada kebenaran sejati, yang ada hanyalah versi”. padahl justru kebenaran itulah yang sejatinya ingin kita ketahui. fyuuuhh…

anyway, mulai sekarang ga boleh lagi ga bawa buku bacaan di dalam tas. it’s a must! :)

 

cheers!

Tidak ada komentar: