Kamis, 30 Agustus 2007

Taman Bintang...

sebuah cita-cita sederhana sebenarnya...
hanya sebuah upaya untuk memberdayakan diri sendiri namun juga membawa manfaat bagi orang lain, orang banyak. dan hanya berawal dari sebuah rasa jengah dan miris akan ketidakberdayaan buku-buku itu...mungkin bisa sediki baca tulisan dibawah ini biar lebih ngerti...

Assalamualaikum wr wb

Sebelumnya perkenalkan, saya seorang alumnus Ilmu Teknologi Kelautan IPB angkatan 2002 (ITK 39), Citra Satrya.
 
Berawal dari sebuah sore yang sedikit melelahkan dan menyebalkan, karena setelah selesai mengambil data di sebuah pulau di Kepulauan Seribu, saya hanya bisa menunggu, makan, tidur (harusnya bersyukur masiy bisa bernafas, makan, minum dan tidur).  Tapi saya sangat menyesal karena ransel saya tertinggal di kapal yang yang digunakan tim diver untuk ke laut, padahal pasokan buku bacaan saya berada di dalammnya saat itu.  alhasil saya berusaha untuk mencari sesuatu untuk tetap dibaca, dan membuka obrolan menarik dengan seorang warga di pulau 1000 yang kebetulan membantu saya dalam pengambilan data. Dalam obrolan itu saya menanyakan,
"Ga ada sesuatu yang bisa dibaca ya Bang?"
"Mana ada, di perpus sekolah ajah tuh adanya" jawab si abang dengan tetap konsentrasi pada buah Jambu airnya
"Trus kalo anak2 pengen baca baca buku crita? atau cari bahan bahan tambahan buku pelajaran?" (knpa saya tanyakan buku buku tambahan, karena jika kita perhatikan.. ... di kota kota besar siswa2 SD pun sudah mulai les untuk mendapat materi tambahan demi mengejar kurikulum sekolahnya)
"He..he.. ndak tahu yah... yang pasti anak anak sekolah, kalo cari buku ya di perpus sekolah"
"Kalo saya mau kasih buku buku bekas (layak baca) di taroh di pulo, di tempat abang gitu....... manfaat gak yah?" saya mulai berandai andai......
"Wah kalo kayak gitu bagus juga.... kayak taman bacaan gitu yak?"
 
NNaahhh itu alasan kenapa kemudian saya mulai mengumpulkan buku2 bacaan bekas tapi layak pakai untuk disumbangkan dalam sebuah Taman Bacaan, yang rencananya akan dinamai "Taman Bintang"  baru sekitar satu bulan saya door to door meminta sumbangan buku bekas, poster dll, hasilnya lumayan memuaskan, sudah ada 2 boks aqua (puas banget rasanya!!!!).  Tapi itu juga belum seberapa jika kemudian kawan kawan ada yang bersedia memberikan bantuan berupa buku2 bekas atau bahkan ada buku gratis yang baru..... (termasuk buku2 baru tentang lingkungan terbitan LIPI).
Inginnya saya mulai meletakkan buku2 dan poster2 itu di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu (karena sudah ada yang bersedia membantu untuk tempat) he..he.. Saya rasa ini sangat lumayan sebagai langkah awal pengadaan sebuah Taman Bacaan, itu yang saya pelajari dari beberapa Taman Bacaan yang sudah berdiri di Bandung, Jakarta dan tempat yang lain.  Bagaimana kemudian pengembangannya, memang harus sudah dipikirkan dari sekarang, tapi Insya Allah saat sudah berdiri, bisa lebih mudah untuk menggerakkan (karena sudah nyata, tidak mengkhayal saja).  SEMOGA!!!!
Mungkin itu saja sedikit (lumayan banyak, he..he) crita dari saya tentang sebuah rencana pengadaan sebuah Taman Bacaan. Karena ide ini berkembang dari door to door juga, jadi terkadang ada ide ide yang mungkin tidak sempurna diaplikasikan (harap maklum, anak muda, masih suka gegabah, he..he..).  Dengan adanya email ini saya berharap semoga akan ada kritik dan saran yang membangun untuk membantu rencana Taman Bacaan ini. 
 
Terimakasih atas perhatiannya, dinanti untuk semua kritik, saran, bantuan moral dan materi (he..he, buku.red)

 
CP: Citra Satrya (Citra)    ; 081319953224 mariners_chietz@yahoo.com
      Heidi Retnoningtyas (Tyas) ; 08129859395 tyazpotter@yahoo.com


Jadi begitulah, sederhana kan???
Jangan terlalu lama ngambil keputusan ya, kalo di rumah or kost-an ngeliat ada buku2 yang bagi kita udah hampir gak dipake lagi, atau pas lagi ada kelebihan duit buat beli buku2 murah, segera kontak kita. Kalau memungkinkan, bukunya akan kami jemput. Tapi kalau gak, bisa diatur lah yaa, hehehe...

Well, kita tunggu lho...

-cheers-

Tidak ada komentar: