Minggu, 30 Maret 2008

Perokok Tipe D...*eh ati-ati ketipu...*

[ditulis hari ini, Ahad 30 Januari 2008, tujuh menit menjelang jam 6 pagi]

Assalamu’alaikum ,selamat pagi, good morning, wilujeng enjing!!!

    Emang ya, gak ada saat-saat yang lebih indah dari pagi. Pikiran masih seger, cuaca masih ramah, udara juga cenderung masih bersih. Meski ada pagi yang diisi dengan hujan, bagi yas pagi akan tetap indah apapun yang terjadi. Oiya, semalem sempat mati listrik tuh di kosan yas, but you know what? Ditengah kegulitaan tanpa listrik kemaren, langit malah jadi terlihat INDAAAAAAAAAHHH….banget! Banyak bintang! Saking takjubnya yas sampe cengengesan sendiri ngeliatin langit. Bukannya hitam kelam, justru langit malah jadi terlihat biru dan cerah. Pokoknya berasa lagi di planetarium dengan suasana abis Shubuh. Aseli KEREN BANGET meskipun tanpa bulan!!! Malah begitu listrik nyala langit malah jadi terlihat hitam gelap, dan bintang-bintang jadi gak terlihat jelas lagi. Ternyata memang gak selamanya “masa-masa gelap” itu menakutkan. Langit semalem nunjukin bahwa dalam situasi gelap disekeliling kita, masih ada hal-hal indah yang bisa kita nikmati selama kita jeli melihatnya. Membuat kita tetap bisa bersyukur meski sedang dalam kondisi yang kurang enak…*cailaahh..tibatibabijak.com*.

    Hmmm, sebelum nulis lebih lanjut yas mau cerita sedikit tentang “penemuan” yas kemaren *halah*. Pas lagi di angkot, yas ngeliat di angkot lain di depan angkot yang yas tumpangi, ada dua orang pemuda lagi “sharing” rokok. Kelar satu isapan, si pemuda A ngasi rokok itu ke pemuda B yang duduk disebelahnya. Yas jadi nyaris cengar-cengir sendiri. Jadi inget sesuatu. Kalo misalnya salah satu dari dua pemuda itu ternyata cuman nebeng ngisep rokok sama temennya, berarti dia masuk kategori Perokok Tipe D. Lho, emang Tipe A, B, sama C-nya apa dong yas?? Naaaah, kan yas dah peringatkan tuh di judul atas, "ati-ati ketipu", emang yas juga gak niat bahas Tipe-Tipe Perokok tuh hari ini, jadi lain kali aja ya yas critain, hehehe… Yas cuma lagi inget aja waktu SMA dulu pernah “diajarin” sama temen-temen yas cara mengklasifikasikan jenis-jenis perokok, heheheheh… *ketipu nih yeeee....*

    Well, hari Minggu ini maunya istirahat. Capek bo’! Hari Sabtu kemaren abis ngurusin launching program kantor di JCC seharian, barengan sama event Deep Indonesia 2008. Overall, pamerannya keren banget. Skala internasional ya? Soalnya yang jadi exhibitor gak cuman pihak lokal aja, tapi banyak juga pihak-pihak asing, terutama pengelola dive site alias dive operator sama dive shops. Tapi berhubung yas lagi capek banget, begitu acara kelar yas pengen buru-buru cabut aja. Yang penting target yas hari itu tercapai. Apaan emang?? MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA EDISI MARET 2008. Pokoknya begitu selesai beberes barang-barang yang dibawa pas launhing, yas langsung ngacir ke booth-nya NG, sambil harap-harap cemas tentunya. Jadi critanya pas hari Kamis kemaren yas abis roadshow ke 3 Gramedia yang ada di Bogor hanya untuk nyari NGI edisi Maret 2008 itu! Weudeeeuuuhh…pulang kantor, capek, laper, tapi tetep bela-belain nyari itu majalah: Gramed Botani Square, Gramed Hero Pajajaran, sama Gramed Ekalos. Dan semuanya berakhir dengan NIHIL!! Huaaa….kecewa beraaaattt! Padahal kepengen banget punya majalah yang di edisi bulan itu (Maret) mengulas banyak sisi tentang INDONESIA: pegunungan berapi, burung Cendrawasih, tradisi pencak silat, liputan Raja Ampat, kisah Borneo di masa lalu, bajak laut Selat Malaka, lumpur Lapindo, sama bahasan tentang daerah otonom yang terus bertambah. Bahkan ada bonus peta administratifnya segala. Yas kan gak punya peta Indonesia yang isinya 33 propinsi! Padahal dulu tuh di rumah ada satu peta gede yang dipajang di dinding. Rasanya miris aja kalo jadi warga dari suatu negara yang gak ngerti tentang daerah dan batas-batas wilayah yang ada di negaranya sendiri. Mangkanya yas napsu banget buat dapetinnya. Yas pikir bakal dikirim karena sejak akhir Februari lalu yas mutusin untuk langganan NG. Tapi ternyata prosedurnya gak seperti yang yas kira. Kalo yas baru daftar Februari, yas baru akan dikirim mulai bulan April. Ya udah deh, panik. Eh, alhamdulillah pas pameran kemaren NG ikutan buka stand juga. Begitu nyampe sana yas langsung nanya stok Maret 2008, masih adakah mbak?? Dan yas pun disambut dengan senyum manis si mbak penjaga booth: “Masih ada nih mbak, nyari-nyari di toko keabisan ya mbak? Emang laku banget nih yang edisi bulan Maret ini…”. Huwaaaaa……………..SENANGNYAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!






MISSION COMPLETED!

    Anyhow, sepulang acara kemarin yas banyak merenung (sekaligus ngantuk) waktu di bis dalam perjalanan pulang ke Bogor. Mostly about my job. Dan terutama lagi setelah seorang teman berkeluh kesah tentang ke-enggaknyamanan dia dengan beberapa hal di kantor. Yas berusaha “mendengarkan” (soalnya via sms sih) dan memahami masalahya, berusaha ngasih solusi praktis, sekaligus berusaha mengalihkan pembicaraan, hehehe…Yas pikir sih karena dia lagi capek dan tertekan aja, mangkanya jadi uring-uringan gitu. Tapi setelah yas pikir-pikir lagi, yas berujung pada beberapa kesimpulan:

1.      Bersyukur: Gak ada alasan yas untuk gak bersyukur sama kerjaan yas sekarang

Apa lagi coba? Yas pikir yas termasuk beruntung bisa dapet kerjaan yang match sama latarbelakang kesarjanaan yas. Ya meskipun gelar yas S.Pi alias Sarjana Perikanan, yas tetep menganggap kalo yas Sarjana Kelautan, heheh….lha wong kuliahnya juga banyakan tentang laut kok, yas gak bakalan ngerti tuh kalo ngadepin masalah tambak ikan, tambak udang, sifat-sifat ikan, dll. Meski bukan berarti yas juga nglotok soal laut sih, lha kuliah aja kerjaannya ngantuk mulu, heheh… Tapi bener kan? Gak banyak orang yang “seberuntung” yas. Masih buanyak banget orang-orang yang belom dapet kerjaan, atau  kalopun udah dapet kerjaan, belum tentu cocok sama latarbelakang dan minatnya, ya kan?? So I thought I love my job muchly. Belom lagi kalo yas ketemu temen-temen lama dan mereka nanyain kerjaan yas, rata-rata mereka pada bilang kalo kerjaan yas itu KEREN. Halaaahh….pada gak tau aja gw kayak gimana di kantor, hehehehe…. Yang jelas yas semakin bersyukur saat dapet dukungan penuh dari ortu. Awalnya mereka napsu banget yas gak usah kerja dulu dan cepet-cepet ngelanjutin sekolah aja. Tapi yas ogah aja kalo harus sekolah lagi tanpa bawa banyak “amunisi”. Gelar Master itu bagi yas gak gampang mempertanggungjawabkannya. Sayang kalo yas buru-buru sekolah tapi masih bingung mau fokus ke bidang apa, plus masih bingung abis lulus nanti mau ngapain. Paling gak dengan kerjaan yang relatif masih nyambung sekarang, yas bisa leluasa nyusun langkah-langkah dan rencana yas mau fokus studi apa dan mau diapain ilmu yang nanti yas dapet setelah lulus S2.


2.      Meluruskan niat: Idealis realistis

      Yas juga termasuk beruntung dalam hal satu ini: dapet support dari banyak orang yang selalu ngingetin yas untuk menjaga niat. Wuih, buat yas, adalah menakjubkan ketika kita selalu diingat sekaligus diingatkan oleh banyak orang yang kadang kita sendiri melupakan mereka. Yas punya orangtua, punya temen sepantaran dan senasib seperjuangan, punya kakak kelas, hingga adik kelas yang sampai sekarang masih suka ngingetin yas akan tujuan dan misi hidup yas sendiri. Yas kadang heran, mereka kok segitu pedulinya ya, hehehe…Whatever, emang sayang banget kalo kita kerja hanya dengan tujuan nyari materi: ngisi perut, ngisi lemari, ngisi rumah, tanpa punya misi “mulia” di balik itu. Emang misi “mulia” yas kayak apa?? Hehehe…malu ah. Pokoknya meski status kerjaan yas sifatnya masih temporary, yas berusaha untuk bisa punya mindset ideal. Bisa ngira-ngira sendiri kan kalo kerja di lembaga pemerintahan itu mindset idealnya harus kayak gimana? Namanya juga dibayar sama negara, ya harus sadar diri lah….Yas rasa pegawai dengan tipikal seperti ini di Jepang bisa kita jadikan contoh.  Menjadi idealis kadang terkesan muluk, tapi yas pikir hal itu masih realistis selama kita ada upaya mewujudkannya. Baru dibilang gak realistis kalo kita cuman punya cita-cita dan keinginan tapi tanpa upaya mewujudkannya. Ngimpi aja itu mah….

 

3.      Berusaha positif: Menjaga hati dan pikiran tetap jernih

Orang bijak di Subang bilang (soalnya yas dapetin kata-kata ini waktu masih sekolah dulu): “fisik boleh capek tapi hati dan pikiran jangan ikut capek”, gitu katanya. Ya dia boleh aja sih ngelarang-larang kayak gitu, tapi kenyataannya gak mudah bung! Yas sampe lupa, berapa kali yas ngalamin tekanan di kantor. Gak bisa diitung berapa kali hati sama pikiran yas ikutan capek gara-gara kerjaan atau singgungan dengan orang di kantor. Dan gak terhitung pula berapa kali yas ngerasa pengen nampol,  ngejambak, sampe nelen orang bulet-bulet, hehehe….*horor amat nih cewek, psycho* Masalahnya klasik sih, dan yas pun sebelumnya pernah mengalami hal serupa di BEM dulu: ketidakcocokan gaya kepemimpinan. Bedanya, sekarang yas gak bisa protes semau yas. Lha dulu kan karena sang “pemimpin” ini masih sejajar sama yas, jadi gampang-gampang aja kalo mau melancarkan serangan protes, perang dingin kalo perlu. Sedangkan sekarang situasinya beda. Bukan hanya karena yas masih butuh duit *hahah*, tapi juga karena yas ngerasa terlalu sayang ngorbanin kerjaan yang telanjur yas suka ini hanya gara-gara gak suka sama manajemen atau kepemimpinan seseorang. Mau gimana lagi, yas pikir itu hanya sebagian kecil dari konsekuensi yang harus diterima. Malah lama-lama yas ngerasa yas butuh “tekanan” itu untuk bisa memacu otak yas terus bekerja. Apalagi dengan tipikal yas yang baru kreatif kalo kepepet, hehehe…. Apa enaknya hidup kalo cuman lempeeeeeng…aja? Gak ada konflik, gak ada perang batin, gak ada perang urat syaraf, gak ada masalah…haaaahh, garingnyaaa… Justru saat kita jatuh kita belajar untuk bisa berdiri lagi kan? Kita toh gak bisa memilih dalam situasi apa kita ingin dilahirkan. Sama halnya dengan kondisi bahwa kita gak selalu bisa memilih situasi atau suasana kerja yang cocok sama kita. Kalo selalu nyari aman dan ideal dalam pandangan kita, kayaknya kita bakal capek sendiri. Sia-sia aja. Dan sekarang yas bener-bener belajar tentang arti “berdamai dengan diri sendiri”. Gimana yas harus bisa menghadapi situasi dan orang-orang yang gak menyenangkan dengan tetap bisa berkonsentrasi pada kerjaan yas. Karena kalo pikiran dan hati kita terganggu, kerjaan juga gak jarang jadi terbengkalai karena mood kerja tiba-tiba lenyap. Apalagi cewek, hahahaha….kasian tuh si PMS, sering dijadiin dalih males kerja, hihihi… Intinya, kita gak selalu bisa mengendalikan situasi yang terjadi supaya sesuai dengan kehendak kita, tapi paling gak kita bisa mengendalikan hati dan pikiran kita supaya tetep positif, sehingga kita siap menghadapi tekanan apapun dengan hati dan pikiran yang jernih, dan menuntaskan setiap pekerjaan yang jadi tugas kita. Ciaaahhh…..keren banget sih gw! *preettt…*

    Belajar bisa dimana saja, kapan saja, pada siapa saja. And I guess, the best way to learn is by doing it simultaneously. Banyak hal baru yang menggairahkan yang yas temukan di “dunia” yas sekarang. Yang gak kalah penting adalah bagaimana kita bisa menerima apapun yang terjadi dalam hidup kita sebagai sesuatu yang terbaik yang Allah anugerahkan (ini prinsipnya Danang ya? Pinjem ya, Nang, hehehe…). Melihat begitu banyak orang yang tidak seberuntung kita adalah cara dahsyat untuk mengalihkan kelelahan dan kepenatan kita. Seperti makna sebuah kalimat yang diajarkan Konfusianis: saat kita melakukan pekerjaan yang kita sukai, maka kita tidak akan pernah merasa bekerja seumur hidup kita.



cHeerS!!


26 komentar:

Wicak yuhuuu mengatakan...

Cheers,syukuri dan nikmati...wah NG edisi maret..nyari ah ntar,hiks...

heidi martosudirjo mengatakan...


well, kudu siap-siap keabisan, hehehe...kalo emang keabisan mending telpon langsung ke kantor redaksinya cak, minta dikirim ajah...aseli gak nyesel deh!

Wicak yuhuuu mengatakan...

Tuh yas..abis..tp katanya ada revisi semoga ada minggu depan

fajri ma'rifatullah mengatakan...

kalo baca comment ini jadi inget tyas, hahaha.... sangat menggambarkan diri sendiri banget, apalagi pas di bagian *cailaahh..tibatibabijak.com*., xixixixixi ...... :)

joko Soe mengatakan...

nanya dunk, Taman Nasional Raja Ampat masih dikelola sama TNC ga? The Nature Conservancy? eh harganya berapa klo baru? diatas 50rb ya? klo saya karena dutnya cekak hanya bisa beli Buletin Wanadri (cuma 16rb, lumayan lah buat kantong saya).....
Salam Lestari

Didik Sasongko mengatakan...

La ingsyakartum la azidannakum,.............
( bersyukur hari ini untuk hasil yang lebih baik di hari esok )

heidi martosudirjo mengatakan...

ha?? ada revisi ya? mana yg direvisi cak???

heidi martosudirjo mengatakan...

jadi maksud fajri sebenernya yas gak bijak kan?? hehehehe.....yah biasalah kalo lagi kesambet mah, apa juga jadi, xixixixixi...

heidi martosudirjo mengatakan...

kalo liat web www.rajaampat.org sih sepertinya TNC masih bercokol disana tuh...NG maret kemaren harganya 65 rebu karena ada bonus peta itu, tapi yas beli di pameran dapet diskon jadi 50rebu...

Wicak yuhuuu mengatakan...

iya, kata manager yang di gramednya gitu, ada edisi revisi mas, tapi lagi di tarik dulu, mungkin minggu depan dah ada lagi...begitu...moga we ada minggu depan =D...

fajri ma'rifatullah mengatakan...

wakakaka, becanda yas, kan kita sudah saling mengerti satu sama lain, hehehehe....
pissss ..... :)

heidi martosudirjo mengatakan...

ah fajri, jadi gak enak...*dengangayatersipu-sipumemuakkanpengennampol*

heheheh...

fajri ma'rifatullah mengatakan...

tuh kan tulisan nya tyas buanget, hahahaha
jadi kangen masa-masa lalu nih. serasa bernostalgia pertama kali menginjakkan kaki di ipb dan bertemu dengan segerombolan orang-orang yang ngaku sebagai aktifis, hehehehe
semangat yas :)

heidi martosudirjo mengatakan...

haiyyaaa.....
emang iya ya, definisi aktivis-nya kudu jelas nih, kalo istilah bahasa Sunda gaulnya mah: "sok iyeh pisan ciga aktipis"...udah mah ngaku-ngaku, bergerombol pula...hahahahah....

tetep semangat kok faj...;p

rifi zahra mengatakan...

go girl!!!!

heidi martosudirjo mengatakan...

dulu waktu SMA biasa pake slogan "GO, FIGHT, WIN!!!"...tapi lupa, nyontek dari film apa ya?hehehe...pokoknya sebangsa teen movie gitu dah fi...

GO, FIGHT, WIN!!!

ulhie baek mengatakan...

kok cerita kamu gak ada aku nya sih...??
hahahahahaha...gak penting banget...*gak penting aja,li gak penting banget itu sms kamu ke tyas ttg apakah babi ngepet nungguin lilin...*

kan kamu sempet bersama ku mencurahkan segala rasa mu ituh.....
fu..fu...fu...fuuu......

huehehehehe............

semangat,yas.................
hidup itu dinikmatin aja...mo susah mo senang.................
yeaaaaahhhhhhh.............!!!!

emang enak ya jadi orang yg slalu bersyukur dan be postive ituh....
ringan...ringan...........
fly me to the moon............nanananananana...........

*mulai ngaco.....*

heidi martosudirjo mengatakan...

oiya ya li...maafkan daku kekasih selingkuhanku....

kelamaan nungguin lilin, apa nungguin babi ngepet nungguin lilin?? kayaknya mending nungguin dia pulang beli lilin deh...eh ampun li!! yang beli lilin kan Bapakmu ya? huahahaha....

*ngikutmabok*

Berlianto Nugroho mengatakan...

hmmm... hmmm... [kepala terangguk-angguk]
ternyata bisa bijak toh?

*bersiap2 kena timpukan

heidi martosudirjo mengatakan...


lagi kesambet to...

dan orang yg lagi kesambet gak hobi nimpuk kok.....

cuman suka iseng ngegorok leher ajah...

Berlianto Nugroho mengatakan...

Masya ALLAH....
ternyata lebih parah drpd kecurigaan saya slama ini. Br thu klo ada akhwat yg 'isengnya' adalah ngegorok leher orang. Tobatlah wahai ukhti..!
:p

ulhie baek mengatakan...

weh...baru tahu ya..?? selain menggorok leher, kami juga *kami??* biasa nginjek2 leher dan tarik-tarik usus....

*astaghfirulloh...kebanykan nonton Happy Tree Friends*

fajri ma'rifatullah mengatakan...

akhirnya ini muncul satu orang lagi yang sejenis ama tyas, hehehehe
baru dua orang diskusi nya udah aneh gitu, gimana kalo tomodachi itu dikumpulin full team ya? jadinya kayak apa, hehehehe .......

piss li .... :)

fajri ma'rifatullah mengatakan...

itu baru dua orang dikumpulin, kalo tomodachi dikumpulin, nggak kebayang deh jadinya kayak apa, hehehehehe.......

heidi martosudirjo mengatakan...

pertanyaannya??
apakah tyas sejenis sm uli, atau uli yg sejenis sm yas?? emangnya kami ini jenis apa ya faj??
*anto, gak perlu nyebut-nyebut Primata ya!*

faktanya??
Tomodachi itu berjenis-jenis (a.k.a beda jenis)....mudah-mudahan gak termasuk jenis kelamin sih...
*duh, gakpentingbanget*

ulhie baek mengatakan...

piss juga faj...