Minggu, 16 Maret 2008

small thing about coffee

First I think I had to thank God that I'm not a coffee addicted. But honestly I love to have this kind of liquid in my morning time, right after I stepped in to my "bunker". Hmmm...kenapa tiba-tiba hari ini yas pengen nulis tentang kopi ya?

Ok, just write what I want to write...

Jadi ceritanya malem ini tiba-tiba terpikir pengen nulis tentang KOPI. Sebenernya yang lebih tepat adalah, tiba-tiba pengen MINUM KOPI. Tapi sayangnya di tempat ini gak tersedia kopi non-ampas. Yah, meskipun suka minum kopi, tapi yas lebih milih untuk minum kopi yang non-ampas ketimbang yang ada ampasnya (kecuali kopi ampas Kapal Api Susu versi sachet, hmmm...sluurrpp...). Mungkin karena sugesti, kopi non-ampas terasa lebih ringan aja kali ya, toh sebenernya bisa diakalin kok kalo emang udah niat banget. Tinggal nyeduh kopi (berampas), trus disaring or diambil aja ampasnya...Hmm, mungkin setelah beres nulis ini bisa juga dicoba, heheh...Dan ngomong-ngomong soal kopi favorit, yang jelas yas gak terlalu suka Thai Coffee (pernah nyicip punya temen waktu ke Manado dulu), jangankan rasanya, warnanya aja aneh! Masa' kopi warnanya peach?? Setelah yas obrolin sm Kak Diki, dia bilang jangan-jangan itu emang bukan Thai Coffee, tapi Thai Tea..wah tauk dah, yang jelas yas inget banget waktu itu temen yas mesennya kopi, bukan teh...

Saking niatnya (nulis), yas tadi sempet browsing dulu di internet, nyari2 info seputar kopi. mampir di gubuk Mbah Google, trus disuruh ngetok pintu ke sarangnya ensiklopedi: Eyang Wikipedia. Baru tau kalo ternyata negara asal kopi adalah Ethiopia. Dan seperti layaknya komoditi dagang yang cukup berharga, kopi bertualang ke seantero negeri, dan akhirnya nyampe juga ke Indonesia. Yah pokoknya kalo mau lebih jelas, klik aja dah ke
sini. Abis dari sarangnya Eyang Wiki, lanjut ke situs-situs lainnya. Waaahh....seneng! Ujung-ujungnya malah jadi pengen punya coffee percolator alias cofee maker sendiri deh. Kapan ya bisa beli??

Ngomongin sesuatu hal pastilah ada sisi pro-kontranya. Apalagi kopi. Dengan segala kelebihannya (ngatasin stress, relaksasi, mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson), kopi jelas punya efek negatif gara-gara kandungan kafeinnya (kekurangan zat magnesium, resiko jantung koroner, sampe mengurangi kesuburan). Tapi kalo menurut yas sih ya balik lagi ke kitanya, gimana cara kita mengonsumsi kopi. Segala sesuatu yang berlebihan pasti gak baik kan? Pun demikian dengan kopi.

Nah, berbicara tentang kopi, yas jugas empet baca artikel blog tentang tips bikin kopi. Disitu tertulis bahwa gula sebaiknya dimasukkan terlebih dahulu supaya pas air panasnya dituangin, bubuk kopilah yang duluan kena guyuran air panas itu. Hal ini akan membuat kopi mengeluarkan sari-nya dengan sempurna, atau dengan kata lain, aroma dan rasa kopinya akan lebih kuat. Yas jadi mikir, kalo gitu kenapa gak sekalian aja kopinya duluan yang dicampur dengan air panas dan baru gulanya nyusul belakangan??

Yas pernah diajarin sama Papa cara bikin kopi supaya kopinya enak (enak versi Papa yas ya, secara beliau adalah semi coffee-addicted). Menurut Papa, yang paling pertama dilakukan adalah memasak air sampe mendidih. It's a must! Soalnya aroma kopi akan tercium sangat enak kalo kopi itu matang sempurna. Otomatis air buat nyeduhnya juga harus mendidih sempurna. Nah, sembari merebus air, masukkan kopi ke dalam gelas  (takaran terserah selera dan kebiasaan....dan mungkin juga feeling). "Masukin gulanya nanti aja yas. Setelah air panas dituang, aduk-aduk sebentar sampe keluar aroma kopinya, baru setelah itu masukin gula dan aduk lagi sampe gula larut", gitu kata Papa. Pas yas tanya kenapa, Papa ternyata menjawabnya dengan sangat ilmiah, hehehe...Jadi gini sodara-sodara, menurut pandangan seorang lulusan Fisika Teknik, gula yang diseduh bersamaan dengan kopi akan membuat kopi tidak terseduh dengan sempurna. Alasannya, ikatan kimia yang ada di dalam gula itu bisa menurunkan panas dengan cepat saat dilarutkan (dengan air panas). Nah, kalo airnya cepet dingin otomatis kopinya juga gak bener-bener "mateng" , akhirnya rasa dan aroma kopinya juga udah gak begitu nikmat lagi. Hal itu juga yang membuat Papa gak suka kalo kopinya diseduh dengan air panas dari dispenser. Gak mendidih gak eksis kali ya?? *apa sih??* Well, kalo gitu mah, sekalian aja kopinya direbus sama aer di atas kompor? Tapi tunggu dulu, setelah yas telusuri di artikel-artikel, yas mengambil kesimpulan (cailah, sok ilmiah banget gw..) bahwa cara merebus kopi juga gak bisa sembarangan. Kalo cuman direbus di panci dan gak ditutup, bakalan berkurang juga aromanya. Apalagi setelah lihat disain coffee percolator sepertinya memang dirancang khusus untuk membuat aroma kopi bertahan saat direbus. Oiya, soal nyimpen kopi juga sebaiknya diperhatikan kalo mau aromanya tetep terjaga. Harus ditempat dingin dan kering. Boleh baca di sini kalo mau lebih jelas.

Jadi...........................jadi pengen ngopi deeeehh, hehehehe....

Met ngopi smuanyaaa!!!^__^

cheers!


12 komentar:

munhasry muntadhar mengatakan...

haaaaa..... penikmat kopi juga rupanya. Kapan nih ngopi bareng? ku punya kopi oleh-oleh dari Aceh nih, masih harum....

Wicak yuhuuu mengatakan...

Kopi ya..enak tuh kopi yang geratis..
Tp ada loh di jogja,kopi areng..kaya apa ya rasanya..kopi kok dicampur areng

heidi martosudirjo mengatakan...

pernah sih nyobainkopi Aceh, dibawain sm Faisal tuh bang...tapi lupa lagi rasanya gimana, yang seinget yas sih aromanya tajem ya??

heidi martosudirjo mengatakan...

naon ge nu GRATIS mah ngeunah cak...komo jang wicak mah...tapi kalo kopi areng yas baru denger tuh, kudu nanya nih sm penduduk aseli-nya...

ulhie baek mengatakan...

yas..kata si Ding dong yg di buku 3 menit ilmu pengetahuan ituh..kopi bisa bikin bego yas....
*manggut2 dan akhirnya mengerti apa yg sebenarnya terjadi dgn temanku yg satu ini..)
............
............

hehehe..............
sebenarnya, dia memperlambat kerja otak...jadi bikin lemot gituh...
aku lupa penjelasan ilmiahnya *maklum, abis minu kopi..cuih*
tar deh, kamu pinjem aja buku ku....hehehe......

heidi martosudirjo mengatakan...

aku tau kok li, td baca di wikipedia juga hampir sama, tapi dia lebih fokus ke masalah short-time memory, jadi sori sori ya kalo tiba-tiba aku lupa punya temen kayak kamu, hehehe....paling gak aku gak norak kayak kamu, minum kopi langsung deg-degan gak jelas...hahahahah

aniq fadhillah mengatakan...

ngopiii yuukkk

Didik Sasongko mengatakan...

*kayaknya habis baca buku "filosopi kopi"*
Satu pelajaran dari kopi, "makin panas air seduhannya, makin harum dan sedap kopinya".

heidi martosudirjo mengatakan...

yukkk...ada rekomendasi mbak? tapi sementara jangan di starbuck ya, hehehe...

heidi martosudirjo mengatakan...

gak juga kok mas, hanya karena beberapa terakhir ini lagi hobi ngopi aja...emang lebih enak ngopi di rumah, karena kalo di kantor airnya dari dispenser, gak mantep!

Didik Sasongko mengatakan...

hati-hati lho, jangan banyak2. inget kafeinnya,...!!

heidi martosudirjo mengatakan...

oke deeeeehhh....thanks lah!