Rabu, 26 Maret 2008

Sam Poo Kong




Klenteng jelas bukan tempat ibadah umat Muslim seperti yas (dan juga temen-temen yang kemaren ke sini). Tapi gak tau kenapa, pertama kali yas dateng ke tempat ini tahun 2006 yang lalu, yas justru bisa ngerasain nuansa Islam yang kuat banget. Mangkanya pas kemaren ada kesempatan ke Semarang lagi, yas ngotot ngajakin temen-temen untuk dateng ke sini. Terlepas dari segala pernik klenteng, ada aura kejayaan umat Islam yang terefleksikan di sini. Laksamana Cheng Ho, atau disebut juga Zheng He. Pasti semuanya gara-gara dia. Seorang adventurer, alias penjelajah. Berasal dari Tiongkok namun beragama Islam. Kisah tentang singgahnya Cheng Ho di Semarang dituangkan dalam tembok relief di bagian belakang kuil utama. Yas suka liat reliefnya, sangat detil. Kalo nanya dimana lokasi Sam Poo Kong ke supir angkot atau taksi, bilang aja klenteng yang di Gedong Batu, insya Allah kita akan diantar sampai depan gerbang klenteng super luas ini.

Pengelola klenteng ini keliatannya sadar bahwa klenteng Sam Poo Kong tidak hanya menjadi tujuan ibadah melainkan juga wisata. Jadi pihak pengelola pun akhirnya membatasi area-area tertentu: mana yang boleh dimasuki oleh wisatawan, dan mana yang dikhusukan sebagai tempat ziarah atau berdoa. Memang ada beberapa area yang hanya boleh dimasuki pada jam-jam tertentu (kuil utama) bahkan ada juga area yang dilarang diambil gambarnya (semacam ruang bawah tanah). Pada jam-jam ibadah, para wisatawan hanya boleh berjalan-jalan di luar kuil utama. Kemarin kita datang kesana sekitar pukul 10.30 WIB, dan sempat mengalami pengusiran pas jam 12.00 WIB, hehehe... Ternyata jam segitu emang waktunya ibadah, jadi wisatawan gak boleh berkeliaran sembarangan.

Masih ada beberapa bangunan yang sedang mengalami perbaikan. Tapi insya Allah gak mengganggu acara jalan-jalannya kok. Bahkan wisatawan bisa juga kalo mau foto-foto dengan busana Cina. Tadinya kita sempet mau nyobain, berhubung ada salah satu temen yang matanya sipit-sipit mirip Cina. Tapi setelah kita timbang-timbang lagi, mending gak jadi deh. Ngerusak sejarah aja. Soalnya temen yas sipit-sipit gitu tapi kulitnya GOSONG, namanya juga anak laut sih....hehehehe....

Sumber:
http://navigasi.net/goart.php?a=lasmpoko
http://infosemarang.net/index.php?option=com_content&task=view&id=61&Itemid=9

5 komentar:

Didik Sasongko mengatakan...

kapan ke semarang yas? dinas or jalan2?
jadi kangen semarang

heidi martosudirjo mengatakan...


berangkat tanggal 20 maret, kamis malem. nyampe semarang jumat subuh uthuk-uthuk, heheh... *ngerti gak?*
jelas maen dong mas, kalo lagi tugas gak mungkin banyakan gini...

huaaaaahhh....hidup jadi lebih indah kalo bisa pergi-pergi ke tempat yang kita mau...^__^

Didik Sasongko mengatakan...

Jalan-jalanlah, ukhti.
Sebelum seorang ikhwan meminangmu, kemudian nanti punya amanah super berat dari Allah seperti bekas teman sekamarmu ini. Anti sudah ga bisa kemana-mana, ;-))

heidi martosudirjo mengatakan...


gdubraaakkkk!!!!
mangkanya punya istri jangan dipingit mulu mas....duit sih dipingit (baca:disimpen) bisa jadi banyak, lha kalo istri???
huahahahaha....OOT ah nih! hihih...

Didik Sasongko mengatakan...

Bukan ane yang memingit, kondisi yang memaksanya.