Kamis, 17 Juli 2014

a sacred, peaceful place

 

berhubung saya lagi di masjid, sekalian aja untuk postingan #30dayschallenge hari ini saya mau nulis tentang masjid. Masjid Al Hurriyah tepatnya.

ternyata lama banget saya ga ke masjid ini. padahal sejak lulus kuliah, saya ga pernah lama meninggalkan kampus. hanya sekitar 18 bulan melanglang buana *gaya, padahal cuman nguli di jakarta doang* dan saya pun kembali ke kampus. tapi sejak kembali ke kampus, justru malah saya nyaris ga pernah mengunjungi masjid ini sesering dulu. memprihatinkan banget, ya?

bagi saya, masjid ini pernah jadi tempat pelarian. sering malah. selain sekretariat BEM, masjid kampus adalah tempat dimana saya sering menghabiskan waktu bersama teman-teman. maklum lah ya, dulu kan masih belom jaman nongkrong-nongkrong di kafe atau mol. secara kampus ini lokasinya rada pelosok, jadi mesti ngeluarin ongkos dong kalo mau nongkrong ke kafe atau mol yang letaknya di ‘kota’. sayang aja duitnya, hehehe *mahasiswa kere*. dulu, hiburan paling murah dan mudah bagi saya adalah kongkow sama geng Tomodachi. nah, beruntungnya saya, anggota geng ini mayoritas aktivis masjid yang masya Allah sholehah-nya *selain saya tentu, hiks*. jadi kalo ga ngumpul di kosan salah satu dari mereka, ya ngumpulnya di masjid. saya mah biasanya ngikut-ngikut doang, apalagi kalo mencium aroma konsumsi gratis di masjid, pasti saya ikutan, hahahah…

al hurriyah

di saat sedih, gundah gulana, bete, dan perasaan negatif lainnya datang, saya kerap mengunjungi masjid untuk sekedar ‘ngadem’. selain ‘adem’ secara psikologis, secara harfiah juga memang adem karena masjid ini dikelilingi banyak pohon sehingga atmosfer di dalamnya terasa sejuk. oiya, bahkan kalo ke sini pagi-pagi kayak sekarang (sekitar jam 8), sekawanan burung gereja masuk ke dalam area sholat wanita dan bercericit dengan ramainya. seru gitu jadinya. bayangin aja, sholat Dhuha diiringi backsound kicauan burung, plus burung-burungnya juga pada nongol di sekeliling kita. asyik kan? duluuu, pas jamannya ospek jurusan, masjid juga sempat jadi pelarian saya dan beberapa teman sekelas. ceritanya kita lagi depresi gitu menghadapi ospek yang entah kapan usai. trus kita sholat berjamaah sambil tangis-tangisan, saling menyemangati satu sama lain, hingga akhirnya kita pulang bareng dan kembali semangat untuk menjalani ospek sampai selesai romantis sekaligus heroik banget kaaan? :D

 

 

masih BANYAK banget momen di masjid ini yang kalo saya ceritain detilnya satu-satu, sampai Ramadhan usai pun belom tentu tamat ceritanya. di masjid ini saya pernah diisengin Endah, sandal saya diumpetin sama dia dan baru diserahkan lagi setelah disogok pake duit duaribu perak; pernah ngadain acara semacam kajian yang pembicaranya kita kasih kenang-kenangan parcel sayuran *aseli saya ngikik pas nulis ini, idenya si Brain emang kocak banget!*; pernah ngecengin ikhwan-ikhwan berparas unyu yang seliweran di masjid *ihiiirrrr*; pernah ikut kontemplasi yang bikin nangis bombay trus nelpon orangtua sambil minta maaf berkali-kali *abis itu orangtua malah jadi was-was dan nyuruh saya ga ikutan acara macam itu lagi, haha*; pernah ikut tes wawancara asisten PAI dimana ibu pewawancaranya shock pas tau buku favorit saya adalah Harry Potter *trus saya dinasehatin supaya memperbanyak bacaan keislaman, hihi*; daaaaaaan masih banyak lagi yang lainnya!

dan saya senang ketika hari ini kembali ke sini untuk sekedar nongkrong nunggu Alanna sekolah, saya menemukan kembali kenangan-kenangan itu. kenangan yang membuat saya tersenyum. bahagia untuk sekedar kembali menginjak lantainya yang sejuk. bahagia mendengar kicau burung dan gemerisik angin melewati lubang ventilasi. bahagia karena tempat ini masih memberikan kedamaian yang sama seperti yang pernah saya dapat dahulu. dan bahagia mengingat bagaimana saya dipertemukan oleh orang-orang baik di tempat ini. alhamdulillaah :)

 

cheers!

 

PS. kabar gembiranya, sekarang di masjid ini ada koneksi wifi gratis tanpa password! tentu saja ini lebih menggembirakan dibanding sekedar kehadiran ekstrak kulit manggis, ya kan? beruntung banget mahasiswa sekarang, nongkrong di masjid pun bisa sambil berselancar internet gratis ;)

Tidak ada komentar: