Kamis, 03 Juli 2014

small thing that matters

 

ini adalah postingan ke-2 dalam rangka #30dayschallenge *prikitiw*

dan postingan kali ini dipersembahkan oleh semangkuk mi instan rasa ayam bawang yang berkolaborasi apik dengan sawi hijau dan taburan bon cabe.

sahur yas?

enggak, sarapan. ini hari ke-5 saya gak puasa. hari pertama sempet puasa sampe Ashar dan kemudian batal begitu aja gara-gara gaji tamu bulanan.

jadi ceritanya kemarin sore saya ada acara buka bersama. gaya banget yak, baru juga empat hari puasa, udah ada aja agenda buka bersama. kata juragan lab, lebih cepat lebih baik. saya mah setuju aja, pokoknya kalo urusan jalan sama orang-orang di lab, saya bakal prioritaskan.

buka bareng lab Ose @RM Sekar Wangi

saya seneng banget kalo ada momen kumpul-kumpul kru lab. kenapa? karena selalu berujung di makan-makan, yang mana hampir selalu saya gak bayar alias gratis, hahahah…

gak ding, gak gitu juga alasannya. memang sebagian besar momen ‘hura-hura’-nya kita itu kalo gak makan ya karokean. tergantung kondisi uang kas lab. memang uangnya dari mana? mmm, sejujurnya bagian ini selalu bikin saya malu. jadi, bila kru lab terhitung ada lima orang, maka tiga orang diantaranya adalah mereka yang rutin menyumbang kas lab. satu orang lagi menyumbang secara insidental, tapi lumayan rutin juga sebenernya (dan dimaklumi karena statusnya masih mahasiswa dengan penghasilan gak tentu, tergantu obyekan :p). nah satunya lagi, yaitu saya sendiri, nyaris gak pernah nyumbang! menyedihkan banget ya saya? paling banter saya nambahin stok teh celup doang. hih.

padahal kalo dipikir-pikir, kapan sih saya gak ikut menikmati uang kas? makan-makan pake uang kas, saya ikut. karokean pake uang kas, hampir selalu ikut. nonton saluran TV satelit di lab, pernah juga. minum dari dispenser lab, tiap hari. pun saya menikmati besihnya ruangan lab karena setiap hari disapu dan dipel oleh bibik, yang mana gajinya juga dibayar dari kas. see? enak bener ya saya? menikmati tanpa harus bayar sedikitpun.

memang gak pernah ada yang menyinggung soal hal ini. saya paham karena urusan uang memang hal ‘tabu’ yang gak pernah jadi topik bahasan internal. kecuali soal honor proyek atau apapun itu yang menyangkut pekerjaan, beda perkara. justru untuk yang satu itu, bakal dibahas sedetil-detilnya sehingga gak menimbulkan prasangka satu sama lain. hal ini yang selalu saya suka. kalo ada satu kerjaan yang kita keroyok bareng-bareng, SELALU dibahas di awal proses budgeting soal dia dapet segini, saya dapet segitu. dan di akhir, bisa dipastikan sejumlah itulah yang akan saya terima. FAIR. saya juga jadi tau, bayaran yang pantas diterima untuk setiap kompetensi yang berbeda. partner yang survey di lapangan tentu honornya beda dengan yang ngerjain model nan ruwet, dan sudah tentu beda juga dengan honor saya yang sekedar ngerjain urusan administrasi. tapi anehnya, untuk pekerjaan ‘sekedar ngurusin administrasi (kontrak, invoice, dsb)’ saya bahkan merasa overpaid lho! soalnya pernah saya ngerjain hal lain yang lumayan njlimet dengan bayaran yang hampir sama. padahal jelas-jelas alokasi tenaga dan pikirannya beda. terlalu baik memang orang-orang ini, hehehe.

anyway, menulis hal-hal di atas jadi membuat saya sekaligus merenung. apa sulitnya sih ya buat saya menyisihkan sebagian uang untuk masuk ke kas lab? meskipun gak rutin dan gak besar, toh saya juga punya penghasilan, kan?

*mungkin inilah salah satu the power of writing, dimana kita menulis sekaligus merenungkan suatu hal yang akhirnya berujud pada sebuah keputusan untuk melakukan sesuatu. i like that. sepertinya memang saya harus semakin sering menulis :)

 

cheers!

Tidak ada komentar: