Kamis, 24 Juli 2014

an amateur star-gazer

 

hai! udah kelewat berapa hari ya saya nulis untuk #30dayschallenge? lagi keenakan mudik nih, hari-hari berasa santaaaaai banget. sahur santai karena ga perlu masak, siang bisa tidur sambil ngelonin Alanna, sore ngabuburit sambil jajan atau nganterin Alanna main odong-odong, begitu sampe rumah ga lama kemudian buka puasa deh! makanan udah terhidang di meja tanpa perlu capek. alhamdulillaah banget yaaaa, sungguh nikmat Tuhan yang ga mungkin saya dustakan :)

eniwei, dalam perjalanan tarawih ke masjid beberapa hari yang lalu, saya terharu banget pas ngeliat langit ternyata lagi cerah. banyak bintang yang nongol, dan ada satu rasi yang saya hapal formasinya. kalajengking. duh, udah lama banget saya ga ngeliat rasi Scorpion di langit! rasi terakhir yang saya lihat adalah Orion, pas tengah malem di Pelabuhanratu bulan Maret lalu. saya memang ga hapal banyak rasi, karena memang jaraaaaang banget bisa melihat langit cerah di sekitar tempat tinggal saya. kadang pas langit sedang cerah, saya mendadak jadi benci lampu jalan karena sinarnya bikin pandangan saya ke langit jadi ga fokus.

yes, I definitely LOVE seeing the night sky with a lot of stars. duluuu, saya sempet install aplikasi Stellarium di laptop saking saya tergila-gila mengamati langit. bahkan saya sempet bercita-cita beli binokuler dan teleskop! kadang timbul penyesalan di hati saya, kenapa dulu akhirnya ga jadi beli binokuler ya? berhubung sekarang saya ga setajir dulu *preeett*, udah pasti berat banget mau mengalokasikan sebagian tabungan untuk beli binokuler. padahal dipikir-pikir, kalopun ga kepake untuk mengamati bintang, binokuler masih bisa dipake untuk mengamati hal lain, kan? mengamati dinamika perpolitikan Indonesia, misalnya… *oke ini ngawur*

oiya, selain install Stellarium, saya juga berhasil memaksa salah seorang teman yang waktu itu sedang pindah kantor ke Bangkok untuk membelikan saya buku Stars and Planets di Kinokuniya Bangkok, setelah saya membaca ulasannya di Amazon. sampe sekarang bukunya masih ada dan rapi, karena jarang banget saya buka-buka :( abis gimana, kegiatan star-gazing yang saya lakukan kan sifatnya insidental, tanpa direncanakan sebelumnya. padahal sebetulnya momentum untuk bisa mengamati bintang itu lumayan sering menghampiri. fieldtrip, misalnya. lokasi fieldtrip kan biasanya di pulau atau wilayah deket-deket laut yang langitnya cenderung masih bersih. tapi ya gituuu, karena udah heboh duluan sama persiapan teknis fieldtrip, agenda sampingannya (star-gazing) malah jadi kelupaan sama sekali. begitu tiba di lokasi dan ngeliat langit lagi bagus, baru deh nyesel kenapa ga bawa bukunya :(

demi untuk mengembalikan kesenangan kecil yang bisa bikin saya bahagia, mungkin ada baiknya saya memulai lagi aktivitas star-gazing, yang diawali dengan membawa buku primbon oleh-oleh dari Bangkok itu kemanapun saya pergi. rada-rada pe-er juga sih sebenernya bawa buku itu. meski hanya seukuran buku tulis 28 garis, beratnya lumayan karena kertasnya pake kertas majalah. jangankan buku itu, buku lain yang ingin saya baca untuk sekedar mengisi waktu di perjalanan pun seringnya ga kebawa di tas. tapi yaaa masih bagus sih dibanding kelupaan anak, hehehe *ngeles*

let’s watch the stars, people!

 

cheers!

Tidak ada komentar: